Kamis, 26 April 2012

Shortcut keyboard di Windows 7



Shortcut merupakan sebuah jalan yang bisa ditempuh guna mempercepat perkajaan. Shortcut bisa diakses dengan menggunakan kombinasi beberapa tombol. Sebenarnya dari dulu windows sudah mengenalkan berbagai macam shortcut keyboard yang tentunya bisa sangat menghemat waktu kita dalam bekerja. Disamping itu, shortcut juga bisa menggantikan fungsi mouse yang sebenarnya membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan penggunaan shortcut windows. Dengan memahami dan menghafalkan shortcut keyboard di windows 7, maka kemungkinan pekerjaan anda akan sedikit lebih cepat.
Berikut ini beberapa kombinasi shortcut (Tombol cepat pada keybooard)yang bisa digunakan pada Windows 7:
1) Ctrl + Shift + N
Shortcut keyboard yang Membuat folder baru di Windows explorer atau desktop, nama default yang diberikan adalah “New Folder”.
2) Alt + Arrow Key (Tombol Anak Panah)
Shortcut keyboard yang Digunakan untuk berpindah ke halaman sebelum (Alt + anak panah kiri) atau halaman sesudah (Alt + anak panah kanan) saat berada di Internet Browser ataupun di Windows Explorer. Sedangkan Alt + anah panah atas akan memindahkan posisi satu level keatas saat membuka Windows Explorer.
3) Shift + Klik Kanan
Menekan tombol Shift diikuti tombol mouse kanan pada folder akan menampilkan pilihan “context menu” yang tersembunyi, contohnya “open command window here” untuk membuka command prompt dan “open in new process” untuk membuka folder dengan process yang berbeda.
4) Alt + P
Shortcut keyboard Alt + P berfungsi menampilkan preview on atau off saat berada di Windows Explorer, berguna untuk melihat Thumbnail dari gambar ataupun dokumen.
5) Win + Angka Numerik (1, 2, 3, 4, dst)
Hampir sama seperti Alt + Tab tapi dengan menekan Win + 1 akan langsung memindahkan ke program yang ada di urutan 1, dan bila menekan Win + 2 akan langsung berpindah ke program di urutan ke 2, dst. Dan bila program belum dijalankan namun telah di-pin di taskbar akan otomatis menjalankan program tersebut. Apabila kita menekat Ctrl + Win + Nomor, akan membuka window baru dari program yang kita pilih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan masukkan komentar anda